1. PENDAHULUAN
Dengan adanya Kebijakan Privasi ini, Pengguna diharapkan untuk membaca dan memahami Kebijakan ini yang berisi informasi yang perlu Pengguna ketahui mengenai bagaimana kami PT Kreasi Anugerah Indonesia melalui situs www.rastreet.id mengumpulkan, menggunakan, memproses dan mengungkapkan Data Pribadi Pengguna.
Kami bertanggung jawab dalam melindungi Data Pribadi Pengguna dengan Undang-Undang Privasi dan tunduk kepada Undang-Undang yang berlaku. kami berkomitmen untuk melindungi dan mengelola serta memproses seluruh Data Pribadi Pengguna yang kami peroleh dari Pengguna melalui Platform kami yaitu Situs www.rastreet.id beserta situs lainnya yang menjadi turunan dari Situs ini melalui Sistem pengelolaan toko digital Indie OmniPOS dari mitra kerja kami PT Indie Marketindo Ceria.
Kebijakan Privasi kami seperti yang tercantum di dalam Syarat dan Ketentuannya serta informasi di dalam Situs menetapkan cara perolehan dan pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, pengelolaan dan keterbukaan atau transparansi serta segala bentuk informasi dan analisa yang terkait dengan data atau informasi yang diberikan dan atau dikumpulkan dari Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran, mengakses, bertransaksi maupun mempergunakan layanan-layanan lainnya pada Situs, jaringan toko Ritel Offline yang terafiliasi, App dan atau media sosial online milik kami.
Pengguna memahami dan menyatakan bahwa dengan mendaftarkan, mengakses dan mempergunakan Situs dan App, bahwa setiap Data Pribadi Pengguna merupakan data yang benar dan sah, serta memberikan persetujuan kepada kami untuk mengambil, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan data tersebut sesuai dengan Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan situs.
Untuk mempermudah dalam memahami Kebijakan privasi ini, maka kami cantumkan beberapa definisi yang dapat membantu didalam pemahaman pengguna:
“Undang-Undang yang berlaku” adalah seluruh peraturan dan perundang-undangan terkait yang berlaku di wilayah Indonesia, termasuk namun tidak terbatas pada Undang-Undang No. 11 Tahun 2018 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik dan Peraturan Menteri Komunikasi Dan Informatika Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik yang digunakan berkaitan dengan perolehan, pengelolaan dan perlindungan Data Pribadi Pengguna pada Situs termasuk Data Pribadi Pengguna dan tanggung jawab pemakaian Situs.
“Data Pribadi” adalah data apapun mengenai seseorang yang dapat diidentifikasikan secara sah berupa data dan informasi pengguna yang kami miliki dan atau yang dapat kami akses dan termasuk data dalam database kami, yang didefinisikan sebagai Data Pribadi.
“Platform” adalah Sistem Perangkat Lunak, Situs www.rastreet.id, Indie OmniPOS, Aplikasi (App) dan turunannya maupun media sosial yang secara bersamaan dan kolektif dimiliki dan dikelola oleh PT Kreasi Anugerah Indonesia bersama dengan PT INDIE MARKETINDO CERIA beserta afiliasinya.
“Media Sosial” adalah akun dan halaman dalam media sosial milik pihak ketiga seperti Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest and Google+, dan sebagainya.
“Situs” adalah website www.rastreet.id yang berupa situs belanja atau toko online yang dapat diakses melalui alamat Situs dan aplikasi (App).
“App” adalah aplikasi belanja dari situs www.rastreet.id dan berikut dengan turunannya pada iOS dan Android, yang selanjutnya disebut sebagai “App”
“IndieOmniPOS” adalah sistem pengelolaan toko digital dengan POS (Point Of Sales) “Omnichannel” milik PT. Indie Marketindo Ceria yang terafiliasi dengan Situs ini dan digunakan untuk bertransaksi di dalam toko Ritel offline milik kami serta membantu penjualan secara 2 (dua) arah baik “offline” maupun “online”.
2. PEROLEHAN DAN PENGUMPULAN DATA PRIBADI
Kami akan memproses, mengumpulkan dan mengolah data untuk memproses transaksi Pengguna Situs, App dan jaringan toko Ritel Offline yang terafiliasi dengan tujuan memperlancar penggunaan Situs, App dan jaringan toko Ritel Offline yang terasfiliasi berdasarkan hukum dan perundang-undangan yang berlaku.
Data yang diserahkan secara sukarela dan mandiri oleh Pengguna baik yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna maupun tidak, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan maupun yang terekam pada saat Pengguna:
Membuat, mendaftarkan dan memperbaharui akun pada Situs dan atau App termasuk diantaranya nama pengguna (“username”), nomor telepon, alamat email, kata kunci (“password”), alamat domisili, alamat toko, foto, dan data lainnya yang berhubungan dengan akun Pengguna.
Berinteraksi dengan Situs dan atau App melalui fitur-fitur interaktif seperti pesan dan diskusi (“Chat”), ulasan Produk (“Product Review”), penilaian (“rating”) dan fitur interaktif lainnya.
Beraktivitas dan menggunakan layanan-layanan dalam Situs seperti layanan, notifikasi, daftar keinginan (“wishlist”), langganan surat kabar (“newsletter”), berselancar (“browsing”) dan sebagainya.
Melakukan transaksi di dalam Situs, App dan jaringan toko Ritel Offline yang terafiliasi, data dan informasi yang mendetil seperti tanggal dan waktu transaksi, jumlah transaksi, total harga, jenis produk, biaya pengiriman, alamat pengiriman, data pembayaran seperti data rekening bank, kartu kredit, kartu debit, uang elektronik, rekening virtual (“virtual account”), jasa perbankan melalui internet (“internet banking”), gerai ritel dan atau toko Offline, dan sebagainya.
Memberikan kewenangan kepada kami untuk membebankan “Cookies” dalam perangkat yang Pengguna gunakan untuk mengakses Situs dan atau App maupun menggunakan sistem lainnya kepada mitra kerja kami yang terafiliasi untuk membantu Pengguna dalam memproses transaksi seperti jasa pengiriman kurir logistik dan layanan pembayaran (“payment gateway”), bank, layanan infrastruktur Situs dan mitra kerja lainnya dengan kewenangan yang sewajarnya Pengguna berikan.
Berpartisipasi dengan kami melalui layanan konsumen (“customer service”), survei konsumen (“customer survey”), media sosial, promosi dan promosi dari mitra kerja yang terafiliasi dan atau layanan pelanggan perwakilan dari kami.
Data Pengguna yang terekam saat beraktivitas pada saat menggunakan Situs dan atau App seperti pendaftaran, login, berselancar, bertransaksi dan sebagainya yang berupa informasi pilihan dan pengaturan Sistem, informasi perangkat yang digunakan baik perangkat keras maupun piranti lunak, jaringan seluler, informasi dari catatan log meliputi lokasi riil, alamat IP, lokasi Wifi, halaman yang diakses, aktivitas kerja aplikasi dan sistem kami dan Pihak ketiga lainnya,
Data yang diperoleh dari sumber lainnya seperti Pihak ketiga dan mitra kerja yang membantu kami dalam mengembangkan dan memberikan layanan didalam Situs, App dan jaringan toko Ritel Offline yang terafiliasi berupa informasi analisis Pengguna yang terkumpul sesuai dengan proses dan kebijakan privasi mereka sendiri,
Data Pribadi Pengguna lainnya apabila pengumpulan tersebut tidak membutuhkan persetujuan berdasarkan Undang-Undang yang Berlaku.
Kami dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber lainnya tersebut dengan data lain yang dimiliki oleh Situs dan App tetapi tidak menyimpan detail Data kartu kredit Pengguna baik yang digunakan untuk memproses pembayaran dan atau untuk tujuan layanan pelanggan. Detail kartu kredit Pengguna dikumpulkan, diproses dan disimpan langsung oleh pihak ketiga yang memproses layanan pembayaran sesuai dengan persyaratan penggunaan dan kebijakan mereka secara tersendiri namun demikian kami dapat meminta detail rekening bank Pengguna untuk memproses pengembalian pembayaran kepada Pengguna.
3. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
Kami dapat menggunakan sebagian dan atau keseluruhan Data Pribadi Pengguna dan data yang terekam serta informasi lainnya yang diperoleh pada saat Pengguna menggunakan dan beraktivitas di dalam Situs dan atau App untuk tujuan-tujuan yang diperlukan agar dapat mengelola dan menyampaikan produk dan jasa kami kepada Pengguna diantaranya sebagai berikut:
Mendaftarkan dan mengelola akun Pengguna (“user account”) serta untuk memverifikasi identitas Pengguna serta memproses aktivitas dan pesanan, transaksi serta pembayaran atas pesanan, termasuk untuk keperluan pengiriman produk kepada Pengguna dan pengembalian jika ada.
Menyediakan dan mengirimkan pesanan, termasuk meminta kurir logistik untuk menghubungi Pengguna untuk mendapatkan perintah detil pengiriman dan atau memproses permintaan pengembalian barang atau pengembalian pembayaran Pengguna sesuai dengan Persyaratan dan Ketentuan yang berlaku.
Membantu Pengguna pada saat menggunakan Layanan Pelanggan diantaranya untuk memeriksa dan memberikan arahan yang tepat untuk mengatasi permasalahan dengan sesuai dan mengawasi serta memperbaiki tanggapan Layanan Pelanggan.
Menyediakan layanan atau fitur untuk memberikan, memelihara dan memperbaiki produk Penjual serta layanan Situs dan App serta sistem lainnya termasuk menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan penjualan melalui Situs dan App.
Memberikan jasa dan layanan pada Situs dan App yang terkait dengan akun pribadi, seperti penggunaan fitur keranjang belanja (“shopping cart”), daftar keinginan (“wishlist”), notifikasi, merek favorit, produk dan promosi.
Mengkomunikasikan kepada Pengguna berkaitan dengan pengelolaan, pertanyaan, permintaan dan masukan ataupun perubahan material Syarat dan Ketentuan yang terjad terkait dengan pengelolaan pada akun Pengguna di Situs serta meningkatkan layanan konsumen seperti pengalaman konsumen (“customer experience”) saat Pengguna menggunakan Situs dan App.
Berkomunikasi dengan Pengguna melalui email, surat, telepon, dan lainnya, untuk membantu proses transaksi maupun proses penyelesaian masalah serta mengawasi dan memastikan berjalannya Syarat dan Ketentuan, termasuk didalam hal penyelesaian sengketa yang terjadi.
Menjalankan pengawasan dan penyelidikan internal dalam upaya manajemen resiko (“risk management”) terhadap transaksi mencurigakan dan atau transaksi yang terindikasi penipuan, kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau Undang-Undang yang berlaku serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk menindak lanjuti dari hasil penyelidikan tersebut.
Memastikan kinerja sistem Situs dan App serta sistem Indie OmniPOS milik mitra kerja yang terafiliasi dan Aplikasi-aplikasi turunannya dapat berfungsi dengan baik dengan melakukan analisa, pengujian, penelitian dan debugging serta pembaharuan yang diperlukan untuk mengoptimalkan platform kami.
Kami juga dapat menggunakan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan tambahan lainnya dengan wajar sehubungan dengan tujuan penggunaan dan layanan tambahan di situs dimana Pengguna telah menyetujui penggunaan data dan atau dalam keadaan dimana penggunaan tersebut tidak membutuhkan persetujuan berdasarkan Undang-Undang yang Berlaku, diantaranya sebagai berikut.
Menggunakan data informasi untuk tujuan penelitian dan analisa, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan layanan pada Situs dan App, serta mengembangkan fitur dan produk baru kami.
Mengirimkan kepada Pengguna komunikasi promosi dan marketing kami dalam bentuk iklan-iklan yang terkait dengan penjualan, produk, jasa dan bisnis lainnya, promosi kami dan mitra kerja serta materi promosi dan marketing yang relevan tentang layanan yang terdapat di platform kami, termasuk mempromosikan dan mengadakan kontes dan undian berhadiah.
Memberikan nilai tambah kepada Pengguna dalam program penukaran poin untuk Pengguna didalam program promosi Situs dan App dan program mitra kerja lainnya seperti promosi penjualan, undian, tiket dan partisipasi acara (“event”), dan atau program survei konsumen yang diadakan untuk meningkatkan partisipasi konsumen.
Menginformasikan dan mempromosikan Platform kami terkait layanan, produk dan promosi, penelitian dan analisa, survei dan berita, pembaharuan dan perkembangan, acara dan lainnya, baik melalui Situs dan App maupun melalui media lainnya.
Mengelola kegiatan operasional secara administratif untuk meningkatkan kepuasan Pengguna disemua fitur layanan bisnis kami dan secara rutin memberikan pelatihan mengenai penanganan permasalahan yang timbul dengan merekam dan mengawasi diskusi maupun pembicaraan dengan telpon serta tunduk kepada kebijakan dan peraturan internal kami;
Kami dapat menggunakan data pribadi Pengguna dengan sewajarnya yang berhubungan langsung platform dengan persetujuan dan ketentuan yang Pengguna setujui. Dalam keadaan tertentu, kami mungkin perlu untuk menggunakan data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan Undang-Undang yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan kami dan atau mitra kerja kami.
4. PENGUNGKAPAN DATA PRIBADI
Kami menyatakan tidak akan melakukan pengalihan, peminjaman, penjualan, dan distribusi Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lainnya tanpa mendapat persetujuan dan atau izin dari Pengguna. Data Pribadi Pengguna secara khusus digunakan untuk layanan serta fitur yang berhubungan dengan aktivitas akun Pengguna yang akan di kelola oleh pihak kami dan mitra kerja yang terafiliasi diantaranya:
Karyawan tetap, Karyawan kontrak, Karyawan paruh waktu berikut dengan konsultan internal kami termasuk didalamnya anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan dan atau mengelola data untuk dan atas nama kami.
Mitra kerja pengelola toko digital di Situs dan App yang menyediakan dan mengelola sistem toko digital melalui Indie OmniPOS dan atau App lainnya
Mitra kerja Jasa pembayaran (“payment gateway”) dan pihak bank yang memproses pembayaran dan pengembalian dana Pengguna baik melalui Situs maupun app.
Mitra Kerja Jasa pengiriman kurir logistik yang melakukan pengiriman produk pesanan ke alamat Pengguna melalui Situs dan atau App.
Mitra kerja Jasa promosi dan marketing yang melakukan kegiatan promosi dan marketing pada Platform kami yang termasuk didalamnya merupakan program promosi dan marketing seperti acara (“event”) ataupun bentuk promosi dan marketing lainnya yang berkaitan dengan produk kami.
Pihak media sosial dan media publik seperti blog dan fitur-fitur tertentu pada Platform yang berisi komunikasi antara Pengguna dengan kami yang mungkin dapat dilihat secara publik.
Mitra kerja Jasa layanan operasional untuk platfrom seperti penyedia jasa penyimpanan dan proses data secara online (“cloud storage”), keamanan digital (“digital security”), pemasaran digital (“digital marketing”), kontraktor IT, telekomunikasi, riset dan pengembangan serta jasa dan atau pihak terkait lainnya yang Pengguna beri kewenangan untuk menerima pengungkapan Data Pribadi Pengguna dari kami.
Pihak Apparat Penegak Hukum dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan atau adanya permintaan yang sah dari undang-undang yang berlaku.
Kami juga berwenang untuk dapat mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk keperluan lain yang sewajarnya berhubungan dengan tujuan yang persetujuannya telah diperoleh dari Pengguna dan atau dalam keadaan dimana pengungkapan tersebut tidak membutuhkan persetujuan berdasarkan Undang-Undang yang Berlaku
5. ADMINISTRASI DAN TRANSPARANSI DATA PRIBADI
Kami memberlakukan sistem pengamanan transparansi dan administrasi data pribadi secara wajar dengan memastikan Pengguna mendapatkan perlindungan privasi sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Langkah ini merupakan bentuk antisipasi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan seperti kesalahan akses, penggunaan dan pengungkapan, penyalinan dan perubahan, kerusakan dan kehilangan terhadap Data Pribadi Pengguna tanpa seizin Pengguna.
Pengelolaan administrasi dan transparansi Data Pribadi Pengguna di platfrom kami dilakukan dengan persetujuan pengguna diantaranya sebagai berikut:
Perangkat seluler (“smartphone”) Pengguna yang menggunakan sistem operasi perangkat iOS dan Android memiliki pengaturan sehingga App kami tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Dengan menggunakan dan memberikan akses terhadap app kami maka Pengguna dianggap telah memberikan persetujuannya terhadap Kebijakan Privasi kami.
Pengguna dapat melakukan pengaturan dan perubahan secara mandiri yang termasuk didalamnya yaitu alamat email, data lahir, jenis kelamin, daftar alamat, rekening bank, dan nomor telepon.
Pengguna dapat menon-aktifkan fitur notifikasi dan informasi didalam Aplikasi berupa surat kabar, diskusi Pengguna, ulasan, pesan pribadi melalui fitur-fitur yang disediakan pada situs dan App tetapi dapat tetap mengirimkan pesan dan informasi aktivitas Pengguna ke email Pengguna.
Segala bentuk informasi sebelum dan setelah transaksi selesai berupa diskusi Pengguna, penilaian dan ulasan yang Pengguna tuliskan dapat diketahui oleh publik dengan persetujuan Pengguna.
Pengguna dapat menarik persetujuan yang berkaitan dengan keseluruhan Data dan Informasi Pengguna kepada kami sesuai dengan Ketentuan yang berlaku dan Pengguna menerima dan memahami bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan Situs dan App serta layanan platform kami lainnya.
Kami akan mengirimkan Data Pribadi Pengguna seakurat dan selengkap mungkin hanya kepada Mitra kerja yang terafiliasi yang telah menerima pengungkapan dari kami 1 (satu) tahun sebelum tanggal pembaharuan Pengguna dilakukan, Pengguna wajib melakukan pembaharuan data apabila terdapat perubahan, kami tidak bertanggung jawab apabila data yang dipergunakan ternyata tidak akurat dan tidak lengkap dan apabila penggunaan data tanpa hak yang dilakukan oleh pihak ketiga diakibatkan oleh kondisi yang berada di luar kuasa dan kontrol kami.
Selama akun Pengguna tetap aktif maka kami akan tetap mengelola dan menyimpan informasi Data Pengguna dan apabila Pengguna sudah tidak aktif dan atau Data Pribadi Pengguna yang dimiliki oleh kami tidak lagi berhubungan dengan tujuan yang diperlukan secara administratif dan atau bisnis dari kami maka Data Pribadi tersebut dapat dihancurkan atau dimusnahkan sesuai dengan peraturan dan Undang-Undang yang berlaku
6. COOKIES
“Cookies” adalah file mikro yang berguna untuk mempercepat proses akses dan penggunaan Situs dan App serta layanannya dan otomatis akan tersimpan di dalam perangkat “mobile” dan komputer Pengguna pada saat menjalankan Situs dan atau App. “Cookies” di fungsikan untuk menyimpan data-data prilaku, preferensi dan konfigurasi Pengguna selama menggunakan Situs dan App tetapi tidak digunakan untuk melakukan akses data lain yang Pengguna miliki tanpa persetujuan Pengguna.
kami bekerjasama dengan jasa dari mitra kerja dan atau pihak ketiga lainnya untuk penggunaan sistem yang memungkinkan adanya “cookies” demi meningkatkan layanan Situs dan App, seperti pelacakan dan preferensi riwayat kunjungan Pengguna dan riwayat kunjungan iklan. Segala bentuk Perolehan dan pengelolaan serta pengungkapan informasi termasuk Data Pribadi yang dilakukan oleh “cookies” milik pihak ketiga diatur sesuai kebijakan privasi dan perlindungan data milik pihak ketiga tersebut dan berada di luar kuasa kami. Pengguna diberikan kebebasan dalam menentukan menerima dan atau menolak “cookies” serta melakukan pengaturan tersendiri melalui pengaturan di “browser” Pengguna, akan tetapi pengaturan tersebut dapat menyebabkan pembatasan, keterlambatan, gangguan pada fungsi dan cara kerja Situs dan App.
Google Analytics
Kami menggunakan dan dapat menggunakan beberapa layanan dari Google Anayltics untuk melakukan Analisa dengan tujuan pengembangan Situs dan App layanan kami. Pada saat Pengguna berkunjung ke Situs dan atau App dengan bantuan dari Google Analytics kami dapat menggunakan prilaku kunjungan Pengguna untuk menghubungkannya dengan data apapun yang sebelumnya telah Pengguna sampaikan sesuai dengan Kebijakan ini.
Layanan Google Anaytics yang digunakan oleh kami antara lain “Demographics and Interest” yang dapat membantu analisa data Pengguna seperti jenis kelamin, umur, minat Pengguna dan lainnya, Google Analytics “Display Advertising”, “Remarketing”, “Display Network Impression” dan “DoubleClick Campaign Manager Integration”, yang dapat membantu analisa dan optimalisasi penyajian promosi dan marketing kami seperti melakukan promosi dengan mengiklankan secara online di dalam situs-situs di Internet.
Kami dan Google, termasuk mitra usaha dan pihak ketiga lainnya dapat menggunakan cookies secara bersamaan untuk memperoleh informasi, melakukan analisa impresi, menginformasikan, mengoptimalkan dan menyajikan iklan berdasarkan kunjungan pengunjung ke dalam Situs dan App.
Apabila Pengguna tidak ingin data pribadi Pengguna terlacak oleh Google Analytics, Pengguna dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser dan atau menggunakan Google Ads Settings untuk dapat mengeluarkan diri dari Google Analytics for Display Advertising dan melakukan personalisasi iklan Google Display Network untuk kenyamanan Pengguna.
7. PERUBAHAN KEBIJAKAN
Kami mempunyai kewenangan untuk dapat memperbaharui dan memastikan bahwa Kebijakan ini dapat terukur dan jelas serta konsisten dengan perubahan industri 4.0 dan persyaratan serta Undang-Undang yang berlaku. Pengguna setuju untuk mengikatkan diri dalam persyaratan dan ketentuan yang berlaku dalam Kebijakan ini yang mana dapat diperbaharui dari waktu ke waktu.
Pengguna diharapkan dan disarankan untuk membaca secara cermat Kebijakan Privasi ini secara berkala untuk mengetahui perubahan kebijakan kami yang terbaru yang terkait dengan perlindungan Data Pribadi. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs dan App maupun layanan kami lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi ini.
Pembaruan Terakhir : 14/04/2020 15.00